RENCANA MEDIA PRODUK BATIK
Batik adalah kerajinan yang memiliki
nilai seni tinggi dan telah menjadi bagian dari budaya Indonesia. Tradisi
membatik pada mulanya merupakan tradisi yang turun temurun, sehingga kadang
kala suatu motif dapat dikenali berasal dari batik keluarga tertentu. Beberapa
motif batik dapat menunjukkan status seseorang.
Tujuan Komunikasi
Sebagai pemberian informasi dalam rangka melakukan kerajinan, pengembangan
dan pemberdayaan ekonomi masyarakat dan mendorong orang mencari informasi
untuk menciptakan daya kreativitas
dan inovasi khususnya dalam Perbatikan.
Pengembangan Rencana Strategi
Batik merupakan warisan budaya
Indonesia yang telah diakui keberadaannya baik di dalam negeri maupun dunia internasional.
Batik perlu didayagunakan sebagai medium penggerak ekonomi yang berpusat kepada
rakyat dan komunitas. Kedua aspek penting tersebut merupakan syarat penting
yang harus diperhatikan guna mensukseskan pelestarian dan pengembangan batik
Indonesia.
Aktivitas/Prilaku
Saat ini bisnis atau usaha dibidang penjualan baju batik
sangatlah menjanjikan, apalagi dengan kualitas bagus dan harga yang murah.
Pangsa pasar yang sangat luas dan pesat pertumbuhannya. Model dan motif yang selalu up-to-date dapat meningkatkan penjualan. Dengan adanya kebijakan export barang diharapkan dapat
terus mengembangkan usaha batik ini hingga ke luar negeri.
Sikap
perkembangan usaha batik menunjukan peningkatan yang signifikan.Hal ini
ditandai dengan penggunaan dan permintaan - permintaan terhadap produk
batik.Produsen batik semakin di untungkan dengan diwajibkannya penggunaan
batik di instansi – instansi
tertentu di Indonesia,kondisi ini mendatangkan banyak keuntungan dan
memperbaiki kondisi ekonomi pengrajin batik.
Tujuan dan Anggaran Media
Menentukan
target, dengan adanya target maka
kita akan dapat mengukur kemampuan kit dalam
memproduksi dan meraih keuntungan.
Untuk
melakukan pengkajian, pengembangan dan Pemberdayaan Ekonomi masyarakat secara
umum pada komoditas Batik.
Menggali Potensi, Peluang, Tantangan dan kendala yang dihadapi di Kabupaten Cianjur khususnya dalam Perbatikan, Memberikan bahan masukan kepada Pemerintah, Dunia Usaha dan Masyarakat tentang Batik, Mengembangkan Potensi Batik. Mengembangkan daya kreatifitas dan inovasi di Kalangan Masyarakat tentang Perbatikan, Mengupayakan hasil dan kreativitas menjadi Cipta khususnya batik. Menfasilitasi berbagai kegiatan yang menyangkut tentang Batik. Menjembatani berbagai kebutuhan dan keinginan kalangan masyarakat dan Pemerintah tentang Batik.
Menggali Potensi, Peluang, Tantangan dan kendala yang dihadapi di Kabupaten Cianjur khususnya dalam Perbatikan, Memberikan bahan masukan kepada Pemerintah, Dunia Usaha dan Masyarakat tentang Batik, Mengembangkan Potensi Batik. Mengembangkan daya kreatifitas dan inovasi di Kalangan Masyarakat tentang Perbatikan, Mengupayakan hasil dan kreativitas menjadi Cipta khususnya batik. Menfasilitasi berbagai kegiatan yang menyangkut tentang Batik. Menjembatani berbagai kebutuhan dan keinginan kalangan masyarakat dan Pemerintah tentang Batik.
Trategi Kunci
Mencari strategi optimal guna
pelestarian dan pengembangan ekonomi kreatif batik, baik di bidang kebijakan
maupun terapan operasional, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.
Beberapa perusahaan telah berinisiatif untuk meluncurkan program Pengembangan
Sentra Kreatif Batik.
Dalam menghadapi persaingan yang sangat ketat suatu perusahaan
dituntut untuk melakukan berbagai macam cara guna memenangkan persaingan.
Pengembangan produk merupakan salah satu strategi yang bagus untuk menghadapi
persaingan khususnya pada penerapan keanekaragaman
jenis, desain, kualitas dan kemasan yang
menjadi kunci pokok keberhasilan perusahaan.
Siapa (Target)
Sebagai salah satu
barang khas Nusantara, Batik disebut juga kain terindah didunia. Semua kalangan
bisa memakai batik baik orang dewasa maupun anak-anak. Seperti kepedulian warga
NKRI atas Batik semakin besar. Bahkan pada hari Batik nasional, instasi
pemerintah dan beberapa perusahaan mewajibkan karyawan mereka memakai Batik.
Di mana (Geografi)
Batik
adalah kain dengan ragam hias (motif dan warna tertentu) yang merupakan
ekspresi budaya yang memiliki makna simbolis yang diyakini oleh masyarakatnya.
Batik selain dicintai di daerahnya sendiri juga semakin dikenal di dunia
khususnya di ASEAN, Asia, Eropa, Afrika dan Amerika.
v Kapan (Timing/musim)
Batik pertama kali diperkenalkan
kepada dunia oleh Presiden Soeharto, yang pada waktu itu memakai batik pada
Konferensi PBB. Batik telah mencantumkan batik Indonesia ke dalam “Daftar
Representatif Warisan Budaya Tak Benda Warisan Manusia (Representative List of
the Intangible Cultural Heritage of Humanity) yang ditetapkan pada tanggal 2
Oktober 2009.
v Apa (Pemilihan Sarana)
Majalah : Fashion terus berkembang dan tidak pernah mati. Untuk itu kita
menjatuhkan pilihan untuk memberi informasi bagi orang yang pencinta fashion dengan bahan utama kain batik.
Radio : Pengguna radio hanya beberapa persen
untuk menginformasikan batik.
Online : situs-situs utama untuk melihat dan
memasarkan produk batik ini. Bisnis
penjualan baju batik ini dapat dijalankan secara online melalui social
media seperti; Facebook, Twitter, Blog,
Instagram, Bbm,dll
Events : Melakukan seminar batik-batik yang
dapat menjadi inspirasi orang dalam mengembangkan batik kita.
v Berapa Banyak: pertimbangan dan
anggaran
Komentar
Posting Komentar