Langsung ke konten utama

teori-teori komunikasi (teori komunikasi kelompok)



TEORI KOMUNIKASI KELOMPOK BESERTA CONTOHNYA

1.     Teori  kepribadian kelompok
Teori kepribadian merupakan studi mengenai interaksi kelompok pada basis dimensi kelompok dan dinamika kepribadian.
Teori kepribadian  Merupakan studi mengenai interaksi kelompok pada basis dimensi kelompok dan        dinamika kepribadian.
Dimensi kelompok merujuk pada ciri-ciri populasi populasi atau kareteristik individu (umur,intellingence)
Dinamika kepribadian lebih cenderung pada tingkat /derajat suatu kelompok.
Contohnya, ketika kita dihadapkan dengan berbagai tugas di kampus dan jalan satu-satunya adalah membentuk kelompok belajar, kita melihat bahwa individu memiliki sikap yang berbeda-beda terhadap materi atau metode pembelajaran yang diberikan. sehingga banyak waktu dan energi yang dihabiskan untuk menyelesaikan persoalan antarpribadi antara anggota kelompok belajar yang kita bentuk.

2.     Teori Percakapan kelompok
Percakapan adalah sebuah rangkaian interaksi dengan awal dan akhir, dan beberapa maksud dan tujuan.
Contohnya: ketika ada suatu kelompok suku budaya yang berbeda seperti suku bugis dan suku kaili ini terkadang menjadi suatu masalah karena pada dasarnya orang-orang di indonesia terlalu sensitif oleh karna itu dari kedua suku akan menimbulkan konflik apabila ada suatu percakapan yang sebenernya biasa saja tapi kalau ditanggapi dengan konotasi bahasa yang berbeda akan menimbulkan konflik antar suku. misalnya suara yang lantang akan diartikan  keemosian seseorng dan dengan kelembutan di anggap tidak keseriusan, sehingga hal ini dapat menjadi konflik antara suku-suku yang ada.

3.     Teori perbandingan sosial
Tindakan Komunikasi dalam kelompok berlangsung karena adanya kebutuhan-kebutuhan dari individu untuk membandingkan sikap,pendapat dan kempuannya dengan individu lain.
Pandangan teori ini tekanan berkomunikasi dengan anggota kelompok lainnya akan mengalami peningkatan jika muncul ketidaksetujuan yang berkaitan dengan suatu kejadian/peristiwa.
Contohnya : kelompok masyarakat didaerah pasar, para pedagang mengeluh karena tempat penjualan tidak menetap pada satu tempat saja yang membuat para pedagang mengeluh. Sehingga kelompok pengurus pasar musyawarah, saat salah satu anggota memberikan pendapat yang pasti akan terjadi ketidak sesuaian pendapat. Untuk menghindari ketegangan dalam musyawarah, maka para anggota akan berkomunikasi satu sama lain untuk menentukan hasil keputusan yang tepat.

TEORI KOMUNIKASI INTERPERSONAL BESERTA CONTOHNYA
1.     Teori Disonansi Kognitif
Teori disonansi kognitif merupakan sebuah teori dalam psikologi sosial yang membahas mengenai perasaan ketidaknyamanan seseorang akibat sikap, pemikiran, dan perilaku yang saling bertentangan dan memotivasi seseorang untuk mengambil langkah demi mengurangi ketidaknyamanan tersebut. Istilah disonansi kognitif pertama kali dipopulerkan oleh seorang psikolog bernama Leon Festinger pada tahun 1950an.
Contoh : Ada sahabatku yang ingin berlibur di Bali, ia memiliki impian tuk berlibur kebali,  tetapi ia tidak memiliki uang. Ia mencoba mengumpulkan uang dari hasil kerjanya sehari-hari, tetapi tidak cukup juga dipakai untuk berlibur. Akhirnya ia menyerah dan menganggap bahwa di Bali itu biasa saja.
2.     Teori Sosiometrik
Sosiometri merupakan sebuah konsepsi yang mengacu pada suatu pendekatan metodologis dan teoritis terhadap kelompok. Asumsi yang dimunculkan adalah bahwa individu-individu dalam kelompok yang merasa tertarik satu sama lain akan lebih banyak melakukan tindakan komunikasi,sebaliknya individu-individu yang saling menolak,hanya sedikit atau kurang melaksanakan tindak komunikasi.
Contoh : Ada acara pernikahan di kompleks kita, tamu yang diundang pun bertempat tinggal berjauhan dan biasanya membentuk kelompok masing-masing. Dan dalam kelompok itu mereka tidak saling mengenal. Lalu agar menjalin kerja sama yang baik, mereka pun saling bercerita tentang pengalaman diri mereka masing-masing. Rupanya ada beberapa anggota ibu-ibu  yang memiliki hobi yang sama. Sehingga mereka nyambung dalam berbicara. Sedangkan yang tidak,  mereka hanya diam saja.
Teori Keseimbangan
Teori Keseimbangan  berkenaan dengan cara seseorang menata sikap terhadap orang atau benda dalam hubungannya satu sama lain di dalam struktur kognitifnya sendiri. Heider mengemukakan tentang keadaan yang tidak seimbang menimbulkan ketegangan dan membangkitkan tekanan-tekanan untuk memulihkan keseimbangan. Dia mengatakan bahwa “Konsep keadaan seimbang menunjukkan sebuah situasi yang di dalamnya unit-unit yang ada dan sentimen-sentimen yang dialami “hidup” berdampingan tanpa tekanan.
Contoh : Dimana anak dan orang tua. Suatu ketika mereka memiliki pandangan yang berbeda mengenai suatu masalah. Untuk mencegah terjadinya konflik, orang tua kita berusaha untuk mengubah pandangan anaknya mengenai masalah tersebut atau bahkan mengubah pandangannya sendiri, agar tercipta keseimbangan dan mencegah terjadinya konflik antar keluarga.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Media Humas Internal dan eksternal

MEDIA HUMAS INTERNAL    Media internal adalah suatu sarana penyampaian dan penerimaan informasi di kalangan publik internal perusahaan, dan biasanya bersifat non komersial. Penerima maupun pengirim informasi adalah orang dalam atau orang dalam atau public internal, terdiri atas pimpinan, angota, pegawai, maupun unit-unit kerja yang ada di dalam perusahaan tersebut. Media Humas Internal yaitu : 1.      Jurnal Internal   Yang diterbitkan oleh suatu lembaga, biasanya memuat informasi mengenai segala sesuatu yang terjadi di dalam lembaga dan khusus diperuntukkan anggota lembaga tersebut. 2.      Papan pengumuman     Papan pengumuman dapat memudahkan pengawai yang sama dalam waktu yang bersamaan. 3.      Kaset Video   Media ini menghadirkan komunikasi tatap muka secara artificial (seolah-olah yang ditonton dapat saling berkomunikasi secara langsung) yang berpotelsi besar untuk menumbuhkan pemahaman yang lebih baik antara pihak manajemen terhadap pengawai. 4.      Stasi

PERBEDAAN HUMAN RELATION DAN PUBLIK RELATION

Jadilah pohon yang lebat buahnya, saat dilempar dengan batu engkau balas dengan buah.. selamat membaca, semoga dapat bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan anda :) :)  PERBEDAAN HUMAN RELATION DAN PUBLIK RELATION 11.       Pengertian Human Relation Human Relation adalah: “segenap aktivitas penyatu paduan manusia dan   pekerjaan dalam suatu organisasi yang memungkinkan perkembangan diri manusia sepenuhnya sehingga antara manusia dan kerja itu terdapat hubungan timbal-balik yang bermanfaat”.(Ensiklopedi Administrasi) . Menurut Sondang P.Siagian (1977), Human Relation adalah: “Keseluruhan hubungan baik yang formal maupun yang informal yang perlu diciptakan dan dibina dalam suatu organisasi sedemikian rupa sehingga tercipta suatu teamwork yang   harmonis dalam rangka pencapaian tujuan yang telah ditentukan. Human relation adalah hubungan yang bersifat intern , sedangkan hubungan yang bersifat ekstern disebut “public relation” Human relation   merupakan

Komunikasi Organisasi "fungsi pesan dalam organisasi"

v   Fungsi Pesan Dalam Organisasi   Para ahli telah mengidentifikasi persepsi mereka mengenai fungsi utama dari pesan dalam organisasi (goldhaber, 1986). Menurut Han dan Katz ada empat fungsi utama dari pesan dari organisasi yaitu : yang berkenaan dengan produksi, pemeliharaan, penerimaan dan pengelolaan organisasi. Reddingmengemukakan pula bahwa   ada tiga alasan pengiriman pesan yaitu, untuk pelaksanaan tugas-tugas dalam organisasi, untuk pemeliharaan dan untuk kemanusiaan.   Dari bermacam-macam pendapat di atas kelihatan ada kecendrungan kesamaan dari tujuan atau fungsi dari pesan walaupun dinyatakan dalam istilah yang berbeda. Di sini akan di bahas empat dari fungsi pesan tersebut yaitu fungsi yang berhubungan dengan tugas-tugas dalam organisasi, pemeliharaan organisasi, kemanusiaan dan pembaruan dalam organisasi. 1.       Pesan tugas   Pesan tugas ini di maksudnya adalah pesan-pesan yang berkenaan dengan pelaksaan tugas-tugas organisasi oleh anggota organisasi. Pesan